Selasa, 11 Juni 2019

Tekhnik dan Panduan Membuat Kutipan dengan citation dan Daftar Pustaka dengan Bibliography

Kutipan dan Citation

Membuat kutipan (Citation) & Daftar pustaka (Bibliography) di Microsoft Word sangatlah mudah dibuat di microsoft word, yang mana anda hanya perlu memasukkan data dari referensi buku yang diambil, untuk melengkapi penjelasan buku, atau karya ilmiah, karena untuk membuat suatu karya ilmiah, tidak mungkin untuk membuat karya ilmiah, tanpa adanya mengambil ilmu dari buku lain, dan untuk dapat mengambil ilmu dari buku lain.


Untuk memulai, jalankan Microsoft Word. arahkan mouse Anda ke menu dan klik pada tab "References". Di sini Anda akan melihat tombol berlabel "Insert Citation" lanjutkan dan klik itu. Menu dropdown akan muncul dengan beberapa opsi. Pilih opsi "Add New Source". Maka secara otomatis akan membuka jendela berlabel “Create Source.” Di sini Anda dapat memasukkan semua informasi yang akan digunakan untuk membuat kutipan dalam teks dari sumber Anda.



Selanjutnya, beri perhatian khusus pada kotak dropdown di bagian atas jendela berlabel “Type of Source.” Anda akan melihat bahwa defaultnya adalah “Book,” jadi Anda harus mengubahnya jika Anda menggunakan jenis lain dari sumber, seperti jurnal akademik, situs web, dll. Setelah Anda mengisi semua informasi, klik "OK" dan sumbernya ditambahkan. Anda dapat mengulangi langkah-langkah ini untuk menambahkan sebanyak mungkin sumber yang Anda butuhkan.


Word akan secara otomatis memasukkan kutipan itu ke dalam dokumen Anda. Selain itu, kapan saja Anda perlu mengutip sumber itu lagi, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengeklik tombol "Insert Citation" lagi. Dan akan terbuka daftar dropdown yang memungkinkan Anda memilih sumber yang tepat (asalkan Anda telah menambahkan lebih dari satu sumber).


Akhirnya, pastikan bahwa format yang sesuai dipilih di tab References.

Setelah Anda menyelesaikan dokumen Anda, dan jika Anda akan ingin membuat Bibliography yang berisi daftar semua sumber Anda di satu tempat. Buat halaman baru di akhir dokumen Anda dan kembali ke tab "References". Temukan tombol “Bibliography” (di sebelah tombol “Insert Citation”), dan klik di atasnya.


Pada titik ini Anda akan diberi opsi untuk memilih gaya Bibliography yang berbeda jika Anda menginginkannya. Namun, jika Anda hanya menginginkan gaya yang standar langsung saja klik "Insert Bibliography." dan secara otomatis akan membuat Bibliography untuk semua karya yang Anda kutip dalam dokumen Anda dalam format yang benar.




Terimakasih atas kunjungannya, semogah bermanfaat 😉😉



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menggunakan fungsi logika "IF" dan contoh penggunaannya

Fungsi IF atau Rumus IF merupakan salah satu fungsi Excel dalam kategori atau kelompok logical yang sering digunakan untuk melakukan uji log...