Membuat daftar isi dengan Multilevel List
Bagaimana cara membuat daftar isi otomatis dalam proses pembuatan laporan seperti pada laporan skripsi,laporan pratikum, dan laporan lainya. untuk membuat daftar isi secara otomatis pertama kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan formating pada microsoft word pada laporan kita kenal beberapa tingkatan format antara lain:
1. Judul utama / BAB ⇒ Judul / bagian utama dalam pembagian laporan.
Contoh: BAB I, BAB II dan seterusnya.
2. Sub judul pertama ⇒ Judul dari suatu pembahasan yang berada satu tingkat dibawah judul uatama.
Contoh: Sub judul pertama pada BAB I, yaitu 1.1, 1.2, 1.3, dan seterusnya
Sub judul pertama pada BAB II, yaitu 2.1, 2.2, 2.3 dan seterusnya
3. Sub judul kedua ⇒ Judul dari suatu pembahasan yang berada dua tingkat dibawah judul utama.
Contoh: Sub judul kedua pada BAB I, yaitu 1.1.1, 1.1.2, 1.2.1, 1.2.2, 1.3.1, 1.3.2, dan seterusnya
Sub judul kedua pada BAB II, yaitu 2.1.1, 2.1.2, 2.1.3 dan seterusnya
4. Sub judul ketiga ⇒ Judul dari suatu pembahasan yang berada tiga tingkat dibawah judul utama.
Contoh: Sub judul ketiga pada BAB I, yaitu 1.1.1.1, 1.1.1.2, 1.1.1.3 dan seterusnya
Sub judul pertama pada BAB II, yaitu 2.1.1.1, 2.1.1.3 dan seterusnya
Contoh strktur pada laporan adalah sebagai berikut :
BAB II Landasan Teori
2.1 PHP ( PHP Hypertext Preprocessor )
2.1.1 Sejarah PHP
2.1.2 Syntax dalam Pemrograman PHP
2.1.2.1 Syntax Dasar
2.1.2.2 Operasi Aritmatika dalam PHP
2.1.2.1 Penerapan SESSION pada PHP
2.2 MySQL
2.1.1 Sejarah MySQL
2.1.2 Perintah SQL pada MySQL
2.1.2.1 Syntax Dasar
2.1.2.2 Operasi Aritmatika dalam Bahasa SQL
2.1 PHP ( PHP Hypertext Preprocessor )
2.1.1 Sejarah PHP
2.1.2 Syntax dalam Pemrograman PHP
2.1.2.1 Syntax Dasar
2.1.2.2 Operasi Aritmatika dalam PHP
2.1.2.1 Penerapan SESSION pada PHP
2.2 MySQL
2.1.1 Sejarah MySQL
2.1.2 Perintah SQL pada MySQL
2.1.2.1 Syntax Dasar
2.1.2.2 Operasi Aritmatika dalam Bahasa SQL
Pada contoh diatas, terlihat struktur tingkat format judul yang terdapat dalam laporan, mulai dari BAB, subjudul 1, sub judul 2 dan seterusnya. langkah selanjutnya yang harus kita lakukan dalam menambahkan format pada judul dan sub judul laporan yang kita buat, yaitu dengan memberikan format dalam bentuk heading seperti pada gambar berikut:
sehingga yang kita lakukan adalah menambahkan format seperti pada gambar dibawah ini.
Bagian BAB ini kita berikan format Heading 1.
Bagian Sub judul 1 kita berikan format Heading 2.
Bagian Sub judul 2 kita berikan format Heading 3.
Begitu seterusnya untuk sub-sub judul berikutnya. kita urutkan berdasarkan heading dalam microsoft word. hal ini kita lakukan pada saat kita mulai melakukan pengetikan laporan hingga selesai. atau jika laporan sudah terlanjur jadi, maka kita tinggal cari bagian-bagian judul dan sub judul tersebut kemudian kita berikan format headingnya.
Untuk membuat daftar isi otomatis ini, laporan juga harus dijadikan 1 mulai dari bagian kata pengantar, BAB I, BAB II, BAB III, BAB IV sampai dengan Daftar Pustaka. setelah selesai memberikan format heading, langkah selanjutnya adalah menambahkan nomor halaman pada laporan, yaitu degan menggunakan menu insert page number seperti biasa.
Berikutnya, kita kembali ke awal laporan, tentukan pada halaman ke berapa daftar isi akan tempatkan, setelah itu ikuti langkah berikut:
setelah selesai dengan langkah tersebut, maka daftar isi dan laporan kita secara otomatis akan terbentuk seperti pada gambar berikut:
Bagaimana jika terjadi perubahan laporan sehingga nomor-nomor halaman masing-masing judul dan sub judul menjadi berubah, kita hanya update saja seperti gambar dibawah, maka nomor-nomor halaman pada Daftar isi secara otomatis akan menyesuaikan klik kanan pada salah satu bagian daftar isi otomatis, kemudian pilih Update field.
selanjutnya pilih bagian yang mau di update, apakah hanya nomor halamannya saja atau keseluruhan daftar isi seperti terlihat pada gambar berikut :
selamat membaca, semogah bermanfaat đŸ˜‰
Tidak ada komentar:
Posting Komentar